Facebook Perkenalkan Fitur Berbagi Lokasi

Bookmark and Share
Fitur berbagi lokasi yang dipopulerkan Foursquare kini dimiliki juga oleh Facebook. Pekan ini, situs yang didirikan Mark Zuckerberg itu memperkenalkan fitur serupa yang dinamakan Places.

Sama seperti Foursquare, Places memungkinkan pengguna melakukan check in dan memberitahukan teman dimana mereka berada. Demikian dilansir Wall Street Journal dan dikutip detikINET, Kamis (19/8/2010).

Kehadiran fitur ini secara otomatis mendorong Facebook memasuki arena bisnis layanan berbasis geo-lokasi. Tentunya, seperti layanan serupa, Facebook pun akan mendorong pengguna agar rajin check in dengan mengiming-imingi mereka berbagai diskon menarik atau keuntungan lainnya.

Namun CEO Facebook Mark Zuckerberg menolak berkomentar saat ditanya bagaimana Facebook merencanakan untuk 'menguangkan' Places. Sementara analis industri memperkirakan, Facebook akan memanfaatkan data lokasi pengguna untuk menjual lebih banyak iklan. "Lokasi merupakan variable yang bisa diuangkan," kata analis dari BGC Financial, Colin Gillis.

Bagaimana pun, fitur ini bersifat opsional. Pengguna yang tidak tertarik berbagi lokasi tidak akan dipaksa untuk menggunakannya. Informasi check in hanya akan dibagi jika pengguna menginginkannya.

Untuk saat ini, Places baru tersedia untuk pengguna Amerika Serikat (AS) melalui aplikasi iPhone dan situs mobile Facebook. Tidak disebutkan, kapan fitur ini tersedia untuk pengguna Facebook secara global. [detik]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...